Pentingnya Mikronutrisi sebagai Pembangun Kesehatan Darah

Mikronutrisi adalah komponen makanan, yang sering disebut sebagai vitamin dan mineral.

Mikronutrisi adalah komponen makanan, yang sering disebut sebagai vitamin dan mineral.

Yang walaupun hanya dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah kecil, sangat penting untuk perkembangan dan kesejahteraan secara keseluruhan. Tubuh manusia tidak dapat menghasilkan zat gizi mikro itu sendiri dan karenanya mereka harus didapatkan dari makanan yang kita makan.

Proses di mana sel-sel darah merah diproduksi dalam tubuh disebut erythropoiesis. Defisiensi nutrisi yang mengakibatkan kekurangan zat besi, asam folat, vitamin B12, vitamin A atau bahkan vitamin C berarti erythropoiesis kurang efektif atau produksi sel darah merah yang tidak berfungsi dengan baik. Secara khusus, asam folat, vitamin B12 dan zat besi memainkan peran penting dalam erythropoiesis.4

Zat besi adalah komponen kunci hemoglobin, protein yang mengangkut oksigen melalui darah dalam tubuh kita. Jika seseorang tidak memiliki cukup zat besi, tubuh tidak dapat menghasilkan cukup sel darah merah yang membawa oksigen yang sehat ke seluruh tubuh.

Asam folat, di sisi lain, adalah jenis vitamin B yang membantu dalam produksi dan perbaikan DNA, dan bekerja erat dengan vitamin B12 dalam memproduksi sel darah merah dan membantu zat besi berfungsi dengan baik di dalam tubuh.

Vitamin B12 juga merupakan salah satu vitamin B-kompleks yang penting. Ini yang melengkapi dalam berbagai proses fisiologis seperti pembentukan sel darah merah dan kesehatan sumsum tulang.

Mikronutrisi penting lain untuk kesehatan darah adalah vitamin A karena membantu mendukung perkembangan sel darah merah. Vitamin A berperan dalam pengembangan eritroblast dari sel-sel progenitor, memastikan bahwa tubuh dapat memproduksi cukup sel-sel darah merah baru untuk menggantikan sel-sel yang mati karena usia. Vitamin A juga memastikan bahwa sel-sel darah merah yang berkembang memiliki akses ke zat besi yang dibutuhkan untuk hemoglobin.

Meskipun tidak sering disebutkan dalam keluarga zat gizi mikro yang penting untuk membangun kesehatan darah, Vitamin C mendukung kemampuan tubuh untuk menyerap zat besi. Pada seseorang dengan asupan makanan rendah zat besi, vitamin C dapat meningkatkan penyerapan zat besi.

Jika Anda seorang anak yang sedang berkembang, seorang wanita hamil atau orang dewasa yang sehat, tidak ada waktu yang lebih baik dari sekarang untuk memastikan Anda mendapatkan zat gizi mikro penting yang Anda butuhkan untuk mendukung kesehatan darah yang sangat baik dan secara keseluruhan membantu menjaga Anda agar tetap bugar dan sehat.

Informasi yang terkandung dalam artikel ini tidak dimaksudkan atau dirancang untuk mendiagnosis, mencegah, mengobati atau menyediakan obat untuk segala kondisi atau penyakit, memastikan keadaan kesehatan Anda atau diganti untuk perawatan medis. P&G menganjurkan Anda untuk mendapatkan saran dari dokter atau profesional kesehatan jika Anda memiliki pertanyaan atau masalah yang muncul dari informasi dalam artikel ini.

REFERENSI: