Garam Besi mana lebih baik

Terapi zat besi oral cocok dan efektif sebagai terapi lini pertama pada kebanyakan pasien dengan defisiensi besi atau anemia defisiensi besi. Ketika dokter Anda menyarankan Anda untuk mulai mengonsumsi suplemen zat besi, hal tersebut bisa menjadi tantangan untuk memilih zat besi yang tepat dengan begitu banyak pilihan di pasar.

Ada berbagai jenis zat besi yang ditemukan dalam suplemen zat besi. Inilah yang perlu Anda ketahui tentang mereka.

temp image
temp img

Suplemen zat besi tersedia dalam berbagai bentuk, baik dalam bentuk padat atau cair. Banyak tablet dan tonik zat besi yang berbeda bisa dibeli secara bebas (tanpa resep dokter) tetapi tidak semuanya memiliki cukup zat besi untuk membedakan dari masing-masing.

Zat besi seperti fero sulfat, fero fumarat, dan fero glukonat adalah bentuk zat besi yang paling sering direkomendasikan dan diresepkan.19

Semua jenis zat besi membantu meningkatkan produksi sel darah merah, tetapi bervariasi dalam segi harga dan jumlah zat besi yang terkandung. Setiap bentuk memiliki jumlah zat besi yang berbeda. Dosis dicatat sebagai jumlah zat besi atau persentase zat besi.

Baca label dengan cermat. Misalnya, 325 mg fero sulfat hanya mengandung 65 mg zat besi.

BESI UNSUR:

Saat memilih suplemen zat besi, baca label untuk melihat jenis, jumlah dan konsentrasi zat besi. Besi unsur adalah jumlah zat besi aktif yang tersedia untuk penyerapan.

Bicara tentang penyerapan, suplemen zat besi biasanya paling baik dikonsumsi pada waktu perut kosong (jika ditoleransi) atau dengan makanan yang kaya vitamin C untuk meningkatkan penyerapan zat besi.

Di sisi lain, Anda harus menghindari mengonsumsi makanan dan minuman tertentu saat mengonsumsi suplemen zat besi. Teh, kopi, susu, antasida, atau suplemen kalsium dapat menurunkan jumlah zat besi yang diserap, sehingga makanan ini harus dihindari selama satu jam sebelum dan sesudah mengonsumsi suplemen.

DOSIS:

Tidak semua garam besi mengandung jumlah zat besi yang sama per dosis. Ini berarti bahwa garam besi yang berbeda akan memerlukan aturan dosis yang berbeda untuk memenuhi rekomendasi dokter Anda.

Meskipun terdapat suplemen dosis tinggi, tubuh Anda menyerap zat besi lebih baik ketika diminum dalam dosis kecil yang disebarkan sepanjang hari. Cari suplemen yang memungkinkan Anda untuk mengambil dalam dosis harian yang lebih kecil , dimana ketika ditotalkan, tetap memenuhi dosis harian yang direkomendasikan.

MENGONTROL EFEK SAMPING

Sangat normal untuk feses bisa berwarna gelap saat Anda mengkonsumsi zat besi. Terkadang suplemen zat besi dapat menyebabkan gangguan pencernaan, sembelit atau rasa mual.21 Risiko efek samping ini meningkat dengan dosis yang lebih tinggi. Efek samping yang umum ini dapat mengganggu hingga 20% pasien dan membatasi pemenuhan dengan terapi zat besi.

Bukti terbaru menunjukkan bahwa dosis zat besi yang lebih rendah lebih disukai daripada dosis tinggi dalam kasus yang tidak mendesak sehingga dapat menghindari kelebihan zat besi, masalah toleransi dan mempengaruhi pemenuhan. Dokter Anda mungkin akan menyarankan Anda untuk mulai dengan dosis zat besi yang lebih kecil dan secara bertahap meningkatkannya untuk meminimalkan efek samping. Bentuk pelepasan besi lambat (enteric-coated) biasanya tidak direkomendasikan, meskipun mereka mungkin memiliki efek samping yang lebih sedikit karena mereka tidak dapat diserap dengan baik oleh tubuh.22

Beberapa bentuk zat besi lebih baik diserap daripada yang lain dan karena itu dosis yang ditentukan tergantung pada jenis zat besi. Fero glukonat, dalam beberapa studi klinis, telah menunjukkan bahwa ia paling mudah diserap dari semua garam besi dan dengan intoleransi gastrointestinal yang lebih sedikit daripada fero sulfat.

KAPAN SAYA MULAI MERASA LEBIH BAIK?

Biasanya, mungkin diperlukan dari seminggu hingga sebulan (setelah Anda memulai suplemen zat besi) sebelum Anda mulai merasa lebih baik. Pada durasi optimal suplementasi zat besi, sebagian besar ahli merekomendasikan untuk melanjutkan suplementasi zat besi selama tiga bulan setelah normalisasi hemoglobin untuk mengisi kembali cadangan zat besi.

Kepatuhan konsumsi adalah bagian penting dari suplementasi zat besi dan untuk mengobati kekurangan zat besi dan anemia, jadi cari suplemen dengan jadwal dosis yang sesuai dengan gaya hidup Anda. Bicaralah dengan dokter atau apoteker tentang kebutuhan Anda dan suplemen mana yang tepat untuk Anda.

temp img

REFERENSI:

  • 19 Santiago, Palacios. Ferrous versus Ferric Oral Iron Formulations for the Treatment of Iron Deficiency: A Clinical Overview. The ScientificWorld Journal. Volume 2012, Article ID 846824, 5 pages. doi:10.1100/2012/846824

  • 21 A patient's guide to oral iron supplements. Society for the Advancement of Blood Management Inc. Dec 2018. www.iron.sabm.org.

  • 22 Callender, Sheila T. M.D., F.R.C.P. Quick and Slow release Iron: A double blind trial with a single daily dose regimen. British Medical Journal 1969, 4, 531-532.