Darah sebagai kekuatan hidup

Ada kekuatan dalam darahmu! Setiap detak jantung, ada sekitar lima liter darah dipompa ke seluruh tubuh Anda. Darah adalah jaringan hidup yang mengalir melalui ribuan kilometer pembuluh darah, mengantarkan oksigen dan nutrisi ke organ dan membawa limbah tubuh. Darah juga mengangkut sel, hormon, dan protein yang mengatur banyak fungsi tubuh seperti melawan infeksi dan mengendalikan kehilangan darah.

Darah sebagai kekuatan hidup

FUNGSI DARAH5

  • Mengangkut oksigen dan nutrisi ke jaringan tubuh

  • Mengontrol suhu tubuh

  • Membawa sel dan antibodi yang melawan infeksi

  • Membawa limbah ke ginjal dan hati, yang akan menyaring dan membersihkan darah

  • Mencegah kehilangan darah berlebih dengan membentuk gumpalan darah

APA YANG DAPAT KITA KETAHUI DARI DARAH TENTANG KESEHATAN KITA?3

DARI MENDIAGNOSIS PENYAKIT HINGGA MENGOBATINYA, DARAH ADALAH SUMBER KEHIDUPAN TUBUH MANUSIA.

Sel darah merah

Sel darah merah bertanggung jawab untuk membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh bagian tubuh Anda, selain menghilangkan limbah seperti karbon dioksida. Jumlah sel darah merah yang rendah mengindikasikan anemia, yang dapat menyebabkan gejala seperti kelelahan pusing kunang-kunang dan sesak napas. Ini dapat disebabkan oleh sejumlah kondisi termasuk kehilangan darah, kekurangan zat besi, dan penyakit sumsum tulang.

Sel darah putih (leukosit) adalah bagian dari sistem kekebalan tubuh, menyerang bakteri, virus, dan kuman yang menyerang tubuh dan menyebabkan infeksi. Jumlah sel darah putih yang lebih tinggi dari normal biasanya menunjukkan beberapa jenis infeksi atau peradangan, sementara jumlah sel darah putih yang rendah mungkin disebabkan oleh masalah sumsum tulang, atau penyakit autoimun seperti lupus.

Sel darah putih
Yang terkecil dari

Yang terkecil dari sel darah kita, trombosit memberi darah kita kemampuan untuk menggumpal. Terlalu banyak trombosit dapat menyebabkan pembekuan darah spontan dalam tubuh yang dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke, sementara terlalu sedikit trombosit dapat menyebabkan memar dan pendarahan yang sering terjadi.

REFERENSI:

  • 5 Blood Basics ©2019 by American Society of Hematology. https://www.hematology.org/Patients/Basics/