6 Manfaat Utama Kesehatan dari Zat Besi

PRODUKSI DARAH

PRODUKSI DARAH

Manfaat kesehatan utama zat besi adalah pembentukan hemoglobin dalam sel darah merah.2 Hemoglobin adalah pengantar oksigen utama ke seluruh tubuh dan memberi warna merah gelap pada darah.

ENERGI

Salah satu manfaat dari zat besi terkait dengan kemampuannya untuk membantu sel-sel tubuh dalam pembentukan energi. Zat besi juga membantu proses metabolisme enzimatik yang dilakukan tubuh untuk memetabolisme protein dan menyerap nutrisi dari makanan. Inilah sebabnya mengapa kekurangan zat besi dapat menyebabkan rasa mudah lelah.

ENERGI
FUNGSI OTAK

FUNGSI OTAK

Otak kita menggunakan sekitar 20% oksigen dalam aliran darah kita. Zat besi sangat penting untuk pengangkutan oksigen dalam darah kita sehingga secara tidak langsung zat besi juga penting untuk kesehatan otak. Ketika kadar zat besi dalam darah turun, konsentrasi dan perhatian mental dapat terpengaruh.

FUNGSI OTOT

Zat besi adalah elemen vital untuk kekuatan otot dan ditemukan dalam mioglobin, protein otot. Myoglobin membawa oksigen dari hemoglobin, menyebarkannya ke seluruh sel otot dan diperlukan untuk kontraksi otot.

FUNGSI OTOT
IMUNITAS

IMUNITAS

Zat besi berperan penting dalam efektivitas respons imun tubuh kita untuk melawan infeksi.3 Zat ini juga mendukung hemoglobin dengan menyediakan oksigen ke sel, jaringan, dan organ yang rusak.

Tanpa zat besi, proses penyembuhan atas penyakit dan luka akan terhambat.

KEHAMILAN SEHAT

Calon ibu tidak hanya membutuhkan zat besi untuk dirinya, tetapi ia juga harus memenuhi kebutuhan janin dan plasenta. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), kekurangan zat besi selama kehamilan dapat meningkatkan risiko kematian ibu dan bayi, kelahiran prematur dan berat badan lahir yang rendah.

KEHAMILAN SEHAT

REFERENSI:

  • 2 National Heart, Lungs and Blood Institute, Iron-deficiency Anemia. https://www.nhlbi.nih.gov/health-topics/iron-deficiency-anemia

  • 3 Cherayil, B. The role of iron in the immune response to bacterial infection. Immunol Res. 2011 May; 50(1):1-9, doi:10.1007/s12026-010-8199-1.